Dino's File

Silahkan cari informasi mengenai Dinosaurus disini berdasrkan nama dan sejarah geologi waktu.

Senin, 31 Januari 2011

Giganotosaurus - Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar

Giganotosaurus



JURASSIC PARK - Giganotosaurus carolinii adalah sejenis dinosaurus. Dari segi bentuk tubuh, jenis ini amat mirip dengan Tyrannosaurus rex, tetapi ukurannya sekitar 2 atau 3 meter lebih besar daripada Tyrannosaurus rex (sebagai acuan, panjang Tyrannosaurus rex ± 13 meter). Pemangsa yang ganas, bersifat sama dengan Tyrannosaurus Rex. Yang membedakan Giganotosaurus dengan yang lain hanyalah ukuran tubuhnya, 3 cakar berlengan besar (Tyrannosaurus rex hanya memiliki 2 cakar dan lengan sangat kecil), dan tulang-tulang seperti sirip pada seluruh permukaan atas tubuhnya, dari ujung moncongnya sampai ujung ekornya. Sirip inipun tidak terlalu terlihat karena amat kecil dibandingkan dengan tubuhnya yang amat besar. Giganotosaurus disebut-sebut sebagai saingan raja kadal Tyrannosaurus karena besar tubuh dan keganasannya. Dengan rahangnya yang menyerupai gunting tajamnya dan gigi yang bergerigi, mereka dapat menggigit tembus kedalam daging seperti pisau memotong masuk kedalam mentega. Rahangnya cukup besar untuk menelan seorang manusia dewasa secara utuh! Bila ukurannya tidak membuat takut terlebih dahulu, Giganotosaurus mungkin akan berburu dalam kelompok untuk mengalahkan dinosaurus pemakan tumbuhan raksasa.
 
Peta ditemukan Giganotosaurus

Info DinoPanjang : 14 meter
Tinggi : 4.5 meter hingga paha; 7 meter hingga kepala
Bobot : Hingga 8 ton
Makanan : Dinosaurus lainnya

Giganotosaurus bisa saja menjelajah hingga jauh melewati Amerika Selatan, namun sejauh ini fosilnya hanya ditemukan di dekat kota Patagoniandi El Chocon dan Plaza Huincul di Argentina. Saat ini, Patagonia kering dan berangin, namun pada zaman Cretaceous pertengahan tempat ini lembab dan penuh tanaman – tempat yang cocok untuk pemakan tumbuhan dimana Giganotosaurus harus juga hidup.

Fakta Lain 
Giganotosaurus hanya salah satu dari beberapa dinosaurus yang ditemukan di Amerika Selatan beberapa tahun belakangan ini. Yang lainnya termasuk pemakan tumbuhan raksasa Argentinosaurus, pemburu bertanduk aneh Carnotaurus, ditemukan pada tahun 1999, dimana mungkin akan menemukan yang lebih besar dari Giganotosaurus. Penemuan banyak fosil di Kanada membuktikan bahwa Tyrannosaurus rex mungkin berburu dalam kelompok, seperti yang mungkin dilakukan oleh Giganotosaurus. Giganotosaurus diyakini memiliki hubungan dekat dengan pemangsa raksasa lainnya, Carcharodontosaurus, yang hidup pada saat yang sama di tempat yang sekarang dikenal dengan Afrika. Para ilmuwan percaya bahwa hal ini menunjukkan bahwa adanya daratan yang menyatu antara Afrika dan Amerika Selatan di zaman Cretaceous pertengahan. 
Sumber : wikipedia.org
              planetdino.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar